Info Tentang Kawat Gigi

Sekilas Info Tentang Kawat Gigi

Kawat gigi adalah alat yang dipakai dokter gigi untuk memperbaiki gigi-gigi yang tumbuh saling bertumpukan atau gingsul, dan deretan gigi yang tumbuh condong ke depan (tonggos) atau condong ke belakang. Kawat gigi bentuknya seperti balok terbuat dari stainless steel yang ditempel di permukaan gigi lalu dihubungkan satu sama lain dengan kawat stainless steel juga. Sekarang kawat gigi memiliki warna yang bermacam-macam jadi tidak akan dianggap culun seperti dulu. Kawat gigi ada yang bisa dilepas, ada yang permanen. Tidak semua kawat gigi memakai bracket (balok besi yang menempel di gigi), ada yang hanya kawatnya saja tergantung pada kondisi gigi Anda. Pemasangan kawat gigi hanya boleh dilakukan oleh dokter gigi spesialis orthodontic, dokter gigi yang spesialis memperbaiki gigi-gigi yang tidak beraturan.

Berapa lama kawat gigi harus dipakai?

Pemakaian kawat gigi berbeda untuk tiap orang tergantung pada keparahan tingkat ketidakteraturan gigi, seberapa banyak ruang yang tersedia di tiap rahang, jarak yang harus ditempuh gigi untuk bisa bergerak hingga bisa berderet teratur, kesehatan gusi dan tulang penyangga pasien, dan kedisiplinan pasien dalam mengikuti segala instruksi dokter gigi. Rata-rata kawat gigi dipakai selama 1-3 tahun. Setelah kawat dilepas, pasien disuruh memakai retainer selama 6 bulan. Kemudian dilanjutkan memakai retainer hanya waktu tidur saja.

Seberapa sering kawat gigi harus diperiksakan?

Orthodontist biasanya akan menginstrusikan untuk datang periksa sebulan sekali untuk memastikan tekanan yang dibentuk kawat gigi sudah pas. Biasanya orthodontist akan mengencangkan kawat gigi jika dirasa tekanan kawat kurang cukup.

Apakah ada perbedaan efek memakai kawat gigi saat masih anak-anak dan saat dewasa?

Proses mekanikal gigi bergerak sampai berderet teratur sama saja baik saat usia anak-anak maupun dewasa. Jadi tidak ada bedanya efek kawat gigi pada gigi orang dewasa dan gigi anak-anak. Bedanya mungkin pada durasi pemakaian kawat gigi. Orang dewasa umumnya lebih lama memakai kawat gigi karena tulang rahang orang dewasa sudah berhenti tumbuh, dan orang dewasa mungkin perlu treatment tambahan selain kawat gigi agar hasilnya memuaskan.

Baca juga :

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.