Membahas Seputar Mahkota Tiruan Pada Gigi

Membahas Seputar Mahkota Tiruan Pada Gigi

Pada saat Anda membicarakan mengenai proses perbaikan gigi maka ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk membuat gigi Anda bisa berfungsi dengan normal atau mengembalikan bentuk aslinya. Namun sebaiknya saat hendak memperbaiki gigi, datanglah ke dokter gigi yang sebenarnya sehingga Anda bisa mendapatkan saran yang aman dan sehat sebagaimana kebutuhan Anda. Ada yang disebut dengan Mahkota Tiruan yang memiliki manfaat untuk memperbaiki kerusakan atau kehilangan jaringan mahkota gigi sehingga kemudian dibuat Mahkota Tiruan.

Jenis Mahkota Tiruan Berdasarkan Bahannya

Jika kerusakan pada gigi Anda sudah parah maka biasanya digunakan Mahkota Tiruan penuh yang bisa memperbaiki seluruh jaringan mahkota gigi seutuhnya. Namun berdasarkan bahan pembuatannya maka ada beberapa jenis Mahkota Tiruan yaitu :

–  Mahkota Tiruan Dengan Bahan Akrilik

Biasanya digunakan untuk memperbaiki bagian gigi depan pada orang dewasa atau remaja. Keuntungan Mahkota Tiruan dengan bahan akrilik ini adalah proses pembuatannya yang cepat sehingga Anda tidak perlu menunggu lama untuk memasangnya namun sayangnya memiliki kekurangan yaitu warnanya mudah berubah dan juga tidak tahan lama, meski pun mudah menggantinya namun jika terlalu sering diganti tentunya akan merepotkan Anda bukan?

Baca juga : 3 Bahan Pemutih Gigi Alami dari Alam

–  Mahkota Tiruan Dengan Bahan Metal

Jika Anda menggunakan Mahkota Tiruan dengan bahan pembuatan dari metal maka Anda akan mendapatkan Mahkota Tiruan yang kekuatannya sangat baik sehingga saat Anda menggunakannya pada gigi akan terasa seperti gigi asli dan Mahkota Tiruan dengan bahan metal ini termasuk tidak perlu sering diperbaiki karena tahan lama. Kekurangannya ketika sudah rusak maka proses pembukaannya atau perbaikannya sedikit sulit sehingga membutuhkan waktu yang lama.

–  Mahkota Tiruan Dengan Bahan Poselen

Biasanya hanya digunakan pada gigi depan saja. Dengan bahan porselen maka Mahkota Tiruan itu lebih tahan lama, warnanya tidak cepat pudar dan juga tidak mudah rusak. Namun untuk pembuatannya termasuk lebih sulit.

–  Mahkota Tiruan Kombinasi

Mahkota Tiruan dengan bahan kombinasi ini biasanya dibuat dari bahan logam yang dikombinasikan dengan akrilik atau dikombinasikan dengan bahan porselen tergantung kebutuhan dalam pembuatan Mahkota Tiruan tersebut.

Baca juga : Efek Menggunakan Pemutih Gigi Tanpa Resep Dokter

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.