gigi palsu lepasan dan permanen

Gigi Palsu Permanen VS Lepasan, Pilih Mana?

Ada dua jenis gigi palsu, yaitu permanen dan lepasan. Gigi tiruan permanen merupakan gigi buatan yang dipasang secara tetap pada gusi, sedangkan gigi lepasan dapat dipasang dan dilepas tanpa bantuan dokter. Masing-masing dari kedua jenis ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Mari kita simak pembahasannya.

Gigi Palsu Permanen

Gigi tiruan dipasang secara permanen ketika kondisi gigi kita keropos, bolong / berlubang, atau tanggal. Memasang gigi secara permanen disamping memiliki keuntungan, juga mempunyai resiko sendiri. Untuk penanamannya harus dilakukan oleh dokter ahli gigi karena akan sangat berbahaya jika terdapat kesalahan dalam prosesnya. Memasang gigi buatan seperti melakukan operasi. Bisa terjadi mal-praktek atau harus disesuaikan dengan kondisi oral si pasien.

  1. Keuntungan

Keuntungan memilih gigi tiruan permanen diantaranya ialah mempermudah dalam mengunyah makanan, tidak mudah bergeser, lebih tahan lama, terpasang kuat, tidak mengganggu dalam berbicara, dan membuat lebih percaya diri karena hasilnya bagus. Kelebihan ini menyebabkan banyak pasien lebih termotivasi untuk menanam implan permanen. Usahakan dokter gigi yang menangani Anda sudah terpercaya dan memiliki sertifikat dokter.

Selain keunggulan di atas, terdapat keunggulan lainnya, seperti kesehatan gigi lebih terjaga, terasa nyaman, dan tidak perlu melepas dan memasangnya kembali. Gigi permanen bisa bertahan selama bertahun-tahun, tergantung bagaimana Anda merawatnya. Jika rajin menggosok gigi dan membersihkannya dengan baik, bisa jadi dapat bertahan seumur hidup.

  1. Resiko

Resiko menanam implan gigi permanen yaitu dapat menimbulkan infeksi pada daerah ditanam implan, adanya kerusakan syaraf di area gusi, gigi, dagu, dan bibir, cedera pada area implan, dan terjadinya masalah pada rongga sinus. Resiko tersebut bisa terjadi karena faktor ketidakcocokan bahan implan dengan gusi atau ruang dalam oral, atau karena terdapat masalah ketika proses penanaman.

Baca Juga : Manfaat Penggunaan Gigi Palsu untuk Kesehatan

Gigi Palsu Lepasan

Gigi tiruan lepasan harganya lebih terjangkau dibanding permanen. Awalnya, gigi lepasan terbuat dari bahan akrilik. Namun seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, sekarang bahan penopangnya terbuat dari logam, sedangkan giginya tetap dari akrilik. Ada kelebihan dan kekurangan ketika memilih pasang gigi lepasan.

  1. Kelebihan

Kelebihan memasang gigi tiruan yang dapat dilepas dan dipasang ini ialah pemasangannya yang mudah dan harganya lebih terjangkau. Kebanyakan gigi lepasan dipakai oleh lanjut usia yang hampir semua giginya sudah tanggal. Maka dari itu, mereka lebih memilih gigi buatan sepaket komplit.

  1. Kekurangan

Kekurangannya adalah menyebabkan berkembangnya bakteri di mulut, kemudian menjadi penyebab gangguan pada mulut dan seisinya. Oleh karena itu, dibutuhkan perawatan intensif setiap beberapa jam sekali agar perkembangan bakteri dapat dihindari. Cara merawat gigi lepasan ialah dengan menyikatnya menggunakan sikat gigi lembut dan hindari pemakaian pasta gigi yang mengandung detergen. Sebelum disikat, lebih baik gigi palsu lepasan dilepas dulu dari mulut.

Jika Anda tertarik untuk pasang gigi palsu, Anda bisa menghubungi Jakarta Smile yang saat ini sudah memiliki beberapa cabang di lokasi strategis di Jakarta.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.