Cara Mengatasi Anak Takut ke Dokter Gigi

Cara Mengatasi Anak Takut ke Dokter Gigi Secara Efektif

Membawa atau membujuk anak ke dokter gigi, apalagi untuk pertama kalinya mungkin menjadi tantangan yang cukup sulit bagi sebagian besar orang tua. Hal itu dikarenakan anak-anak sering merasa takut ketika bertemu dengan mereka. Tapi, rasa takut tersebut kadang hanya disebabkan oleh ketidaktahuan sang anak mengenai apa yang akan terjadi di tempat dokter. Mereka membayangkan hendak disuntik atau disakiti oleh sang dokter. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada berbagai cara untuk meyakinkan anak bahwa memeriksakan gigi ke dokter tidaklah semenakutkan yang mereka bayangkan.

Biasakan anak untuk mengetahui hal-hal yang berhubungan dengan dokter gigi, misalnya mengenal tempat dan aktifitas di dalamnya. Beri tahu mereka apa yang akan didapat dan ditemukan di klinik gigi sebelum berangkat ke sana. Bila perlu, jelaskan dengan bantuan ilustrasi gambar. Sampaikan pula bahwa dengan memeriksakan gigi secara teratur, mereka akan terhindar dari berbagai masalah, seperti gigi berlubang, keropos dan sebagainya.

Tapi, jika anak tidak mempercayai perkataan Anda, jalan satu-satunya adalah menjadi contoh bagi mereka. Sebab, anak cenderung meniru apa yang orang lain lakukan dan sebagai orang tua, Anda mempunyai pengaruh yang besar. Pergilah mengunjungi dokter dan biarkan mereka mengamati apa yang terjadi di ruang periksa. Apabila Anda masuk dan meninggalkan ruangan dengan suasana hati yang baik, tentu mereka akan mendapat kesan yang baik tentang dokter. Selain itu, anak akan merasa penasaran dan ingin mencoba memeriksakan gigi juga.

Namun, kalau cara itu masih belum berhasil, Anda dapat menggunakan alternatif lain, yaitu positif reward. Katakan pada anak bahwa Anda akan memberinya hadiah apabila ia mau pergi ke dokter gigi. Hadiah adalah penguatan positif yang bisa meningkatkan perilaku mereka. Anda lebih tahu apa yang anak inginkan, sehingga dengan iming-iming hadiah itu mereka tidak menolak diajak ke dokter. Apapun metode yang Anda lakukan, berikan pujian setiap mereka mau memeriksakan gigi. Karena memberikan pujian kepada anak akan memberi hasil yang positif dan mereka lebih mudah pergi ke dokter untuk pemeriksaan berikutnya.

Baca juga :

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.