Gigi Palsu Lepasan

Begini Cara Merawat Gigi Palsu Lepasan

Gigi palsu lepasan lebih banyak penggunanya, daripada model permenen. Karena memang harganya lebih terjangkau. Selain itu bisa dilepas sendiri tanpa bantuan tenaga ahli. Kalau mau memasangnya, pastikan memahami hal berikut.

Cara Perawatan Gigi Palsu Lepasan

Awalnya gigi palsu jenis ini dibuat dari material akrilik. Tapi dengan perkembangan zaman, model ini dilengkapi juga dengan tambahan penopang berbahan logam. Salah satu kelebihan dari gigi palsu ini adalah cara pemasangannya yang mudah dan cepat.

Sayangnya bisa menjadi sarang bakteri di mulut, yang bisa berdampak bagi permasalahan gigi dan mulut. Karena itu, Anda harus rajin menerapkan pola perawatan yang tepat. Nah, apa saja cara yang bisa dilakukan?

  •  Lepas gigi palsu sebelum meyikat giginya. Bersihkan gigi tiruan supaya tidak ada penumpkan sisa makanan. Sehingga mencegah perkembangan bakteri dan kuman.
  •  Jangan terlalu lama menggunakannya. Lebih disarankan hanya memakai gigi palsu ini hanya 1-2 jam saja per harinya. Tujuannya supaya gigi dan gusi bisa bernafas.
  •  Cek kondisi gigi tiruan lima tahun sekali. Seiring penggunaannya, gigi tiruan ini bisa rusak atau goyang. Nah, kalau sudah tidak nyaman digunakan, segera periksakan kondisinya ke dokter gigi.

Pastikan Anda berkonsultasi dengan tenaga ahli yang tepat sebelum menggunakan gigi palsu lepasan. Sehingga gigi tiruan itu tetap  nyaman dan aman saat digunakan. Jangan lupa untuk menerapkan berbagai cara perawatan di atas. Guna menjaga kualitas dari gigi palsu tersebut.

Varian Gigi Tiruan Lepasan

Secara umum terdapat tiga macam gigi tiruan model lepasan. Nah, apa saja jenis gigi palsu ini?

  • Akrilik. Jenis ini paling tua dan paling umum digunakan. Penggunaan akrilik membuatnya nampak tebal. Kawat akan dipasangkan pada gigi lainnya, yang berfungsi sebagai penyangga.
  • Valplast. Jenis gigi palsu ini lentur teksturnya, dan dipasang tanpa penggunaan kawat. Material thermoplastic digunakan untuk gigi palsu ini. Sehingga lebih nyaman daripada model akrilik, ketika dipasangkan.
  • Kerangka logam. Modelnya hampir sama dengan jenis akrilik, karena masih mengandalkan kawat sebagai penyangganya. Tetapi karena dibuat dari logam, maka gigi palsu ini lebih tipis daripada akrilik.

Baca juga :

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.