klinik gigi ilegal Vs klinik legal

5 Cara Membedakan Klinik Gigi Legal dan Ilegal

Banyak orang yang melakukan perawatan gigi di klinik saat ini, tanpa mengetahui klinik tersebut legal atau illegal. 5 cara di bawah ini dapat membantu kalian untuk menilai klinik gigi yang legal dan ilegal demi keselamatan gigi dan mulut.

 

  1. Praktek Dokter yang Memiliki Izin

Seorang dokter yang akan membuka praktek pada sebuah klinik sebelumnya harus memiliki izin. Kalian bisa cek perizinan tersebut di portal Konsil kedokteran Indonesia. Izin dokter tersebut dibagi dua yakni Surat Tanda Registrasi (STR) dan Surat Izin Praktek (SIP). Harus kalian ingat bahwa secanggih apapun alat yang digunakan dan sepintar apapun dokter yang melayani pasien tidak menjamin bahwa telah mendapatkan izin.

 

  1. Klinik yang Memiliki Izin

Selain dokter yang harus memiliki izin, klinik yang dibuka juga harus mendapatkan surat izin. Biasanya surat izin tersebut diletakkan pada meja resepsionis klinik gigi atau dipajang di ruang depan. Perizinan sebuah klinik menjamin segala tindakan yang dilakukan aman bagi setiap pasien.

 

  1. Perhatikan Limbah Gigi Klinik

Klinik gigi yang telah menggenggam surat izin tentu memperlakukan limbah sisa perbaikan gigi dengan rapi dan teratur. Hal ini dapat dijamin karena sebelum mendapatkan surat izin, pihak yang memberikan izin melakukan survey lapangan terlebih dahulu. Jika limbah klinik tidak diperlakukan sepantasnya, kalian wajib meragukan kondisi perizinan klinik tersebut.

 

  1. Perhatikan Harga yang Wajar

Kalian berkunjung ke klinik dengan harga perawatan gigi yang murah. Jangan senang dulu, karena biasanya perawatan gigi sangat mahal. Mahal dalam artian sesuai dengan perawatan yang kalian lakukan. Maka dari itu hindari klinik yang menyediakan harga perawatan di bawah standar klinik pada umumnya.

 

  1. Penilaian Pelanggan atau Reputasi

Saat ingin melakukan perawatan gigi pada sebuah klinik, akan lebih baik jika kalian menanyakan terlebih dahulu kepada kerabat untuk mengetahui klinik mana yang memiliki reputasi terbaik. Biasanya klinik perawatan gigi yang legal dan terbaik akan sangat terkenal di kalangan orang yang suka merawat gigi.

 

Jika klinik gigi yang selama ini kalian kunjungi tidak memiliki standar yang telh disebutkan di atas, maka kalian wajib meragukan kondisi klinik tersebut, legal atau illegal.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.